Internet Ya Ampun

Meski saya terbiasa dengan penggunaan Internet, tapi untuk saat ini saya masih sulit untuk percaya jika internet bisa menggantikan penuh fungsi telepon, fungsi pos, fungsi wesel, bahkan fungsi lapak (toko), tapi kenyataannya memang lain, sekarang Internet benar-benar merubah cara hidup, bukan lagi dalam hitungan dekade, hitungan semester pun sekarang bisa berganti teknologi, saya jadi ingat, semenjak prosesor pentium 4 yang bertahan bertahun-tahun setelahnya puluhan jenis prosesor generasi pasca pentium yang release hampir setiap semester.

Dulu orang menjual mobil secara cepat harus lewat broker, itupun broker mengambil untung besar sekali, pasang iklan 150 ribu di koran cuman dikasih space 2 baris iklan teks sehari, sekarang memajang lapak di forum kaskus tidak sampai 1 pekan barang bisa terjual, gratis. kukira internet bakal mengalahkan telepon, tapi ternyata bukan hanya mengalahkan tetapi menjungkalkan karena percakapan audio video text dan recorder bisa dijalankan Internetbersamaan, fungsi wesel pos mungkin sudah tergantikan dengan perusahaan emiten Western Union, teller bank mulai tergantikan ATM dan ATM mulai diwakili dengan E-Banking, E-Banking juga bisa diwakili paypal.

Satu BUMN yang semestinya paling diuntungkan oleh internet (dan bukannya merugi) yakni PT. POS, peluang jasa kurir sepertinya akan terbuka lebar didepan sana, suatu hari nanti mungkinkah semua orang Indonesia akan pernah membeli barang via internet, bahkan dari luar negeri, mungkinkan batas-batas belanja Asia Tenggara nantinya akan borderless? semua akan kembali ke jasa kurir (ya iyalah masa pakai teleportase), mungkin inilah penyebab sekarang banyak sekali perusahaan jasa kurir dari yang kecil kecilan hingga yang jaringan internasional, bahkan sekarang muncul startup penyedia jasa nitip dibeliin (bagi orang-orang yang traveling ke tempat tertentu).

Dulu bercakap-cakap dengan orang asing (Manca) rasanya luar biasaaa banget, dan sekarang bagi kebanyakan orang sudah biasaa banget, dulu saya kira mengoperasikan komputer harus selalu pakai pakai keyboard dan mouse, tapi sekarang microsoft windows bisa menjalankan task dengan perintah suara, entah surprise apa lagi nanti yang akan merubah wajah teknologi internet dan komputer. Ada yang tahu bocorannya? Mungkinkah sudah dicomot Wikileak.

Written by triunt

Nama lengkap saya Tri Untoro, passionate in E-Commerce @ IDpasar Network, pecinta wisata, travel writer teori, dan aktif sebagai admin travelbuck.net (Bahasa Indonesia), serta sedang dalam proses merintis berdagang secara daring di IDbuku.com, IDbatik.com, & IDhijab.com Keep in Touch : Facebook | Twitter | LinkedIn

10 Comments

kodokz

saya juga masih belum percaya dengan adanya internet yang mungkin sudah ngga bisa dipisahkan lagi dari kehidupan kita… hehehe
btw pos juga dirugikan sebenarnya..
udah ada surat elektronik jadi ngga ngirim surat lagi pake pos :)

zee

Kalau saya lebih suka pakai keyboard or mouse saja. Lebih enak bekerja silent daripada bicara. Klo pake perintah suara, alangkah ributnya kantor… LOL.

Sya

Emang yang namanya teknologi makin lama makin canggih ya. Bisa-bisa semua pekerjaan manusia digantikan dengan robot.

sawali tuhusetya

perkembangan TIK memang mengalami loncatan yang luar biasa, mas tri. meski demikian, tdk semua cara2 konvensional bisa tergantikan oleh media TIK ini. orang masih merasa enjoy jika melakukannya secara manual.

Kakaakin

Huhu… tapi pengiriman lewat pos itu kurasa lebih mahal :(
Aku lebih memilih yang lain… hehe…
Mari kita tunggu berubahan besar selanjutnya ! :D

Desita

Internet…
Hoho… Kalau dulu surat akan sampai beberapa hari kemudian ke tangan sanag penerima, kini melalui e-mail yang dibawa koneksi internet, hanya sekejap mata *trinnggg* langsung nyampe.
ahiww…

nadiafriza

sama masih bingung sebenernya kenapa PT. POS bisa untung di era internet.. karena pengiriman barang hasil jual beli di internet?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>