Mendadak Ngomongin Suporter Bola

Di tivi cukup rame, aksi anarkis Bonek Mania suporter Persebaya Sby yang berlaga tandang ke Bandung. dan seperti berita usang, selalu saja mereka bikin ulah selama perjalanan naik kereta utamanya di Solo, mereka melempari rumah2 warga Solo di pinggiran rel KA, menjarah dagangan PKL dan melempari stasiun, tindakan yang sangat anarkis, tak pelak warga Solo dan beberapa oknum Pasoepati ikut berbalas melempari mereka.

Pasoepati

Gue sebagai orang Eks Solo Raya, sangat membanggakan Pasoepati suporter PERSIS Solo yang dulu sempat juga pernah mendukung Pelita Solo dan Persijatim Solo FC, meski tidak ikut aktif di dalamnya gue cukup membanggakan apa saja yang telah dilakukan Organisasi yg berdiri 9 Februari 2000 ini, kiprahnya di dunia suporter yang santun dan sportif sangat terasa, meski tak jarang konflik terjadi karena oknum tapi gue yakin Pasoepati terus mendewasakan diri menjadi suporter yang lapang dada.

Romansa PasoepatiAremania

21 Mei 2000, Pasoepati bertandang ke Malang, inilah kutipan yang diposting di Pasoepati.net, silakan buka spoiler

Mendadak tampilkan Spoiler :(

Bukankah yang seperti ini sangat mengharukan? mungkin ada yang bisa bilang, soalnya gue orang Solo ya pasti dukung yang Solo, ya tentu saja, tapi ini merupakan wujud kebanggaan yang sangat real, tidak membabi buta, nama Pasoepati pun sudah cukup membuat publik Solo bangga, meski tim yang mereka support beda Kasta dengan Arema, Pasoepati tetap loyal, termasuk mendukung kompetisi olahraga lain selain Persis Solo, seperti saat mendukung Klub Basket Bhineka Sritex Solo. dan saya yakin dukungan seperti ini jauh lebih bermanfaat bagi klub.

Romeo dan Juliet Movie, derby d’indonesia

Tak bisa dipungkiri, setiap Klub suporter selalu ada potensi konflik, termasuk juga Pasoepati. beberapa yang gue tahu adalah konflik Pasoepati dengan Brajamusti suporter PSIM Jogja, konflik Persija – Viking Bandung, Bonek Mania Surabaya – Aremania Malang dan mungkin masih banyak lagi, di film Romeo Juliet juga digambarkan betapa permusuhan Jakmania dan Viking sangat rumit.

Keajaiban

Namun kadang disela2 cerita konflik antar suporter, terselip cerita mencengangkan. seperti Bonek yang justru akhirnya bisa berdamai dengan Bobotoh Persib Bandung dan Suporter PSIS Semarang di era Liga Indonesia.

Kembali ke Bonek

Selama ini apa yang dilakukan Bonek sebagai salah satu Klub suporter terbesar di negeri ini sungguh sangat tidak simpatik, banyak bagian yang jangan sampai menjadi tren setter di kalangan klub suporter lain, seperti pelemparan dari kereta, naik kereta tanpa bayar/bayar kurang, penjarahan makanan di warung2 di stasiun, dan yang paling aneh Kalah Rese Menang pun Rese, seandainya Bonek bisa memperbaiki diri seperti yang dilakukan Aremania di masa lampau mungkin Bonek bisa menjadi Pasukan Suporter kebanggaan di Indonesia, namun sampai sekarang masih nol besar.

tulisan ditulis karena keprihatinan atas konflik yg terjadi atas melintasnya KLB Bonekmania di kota Solo dan kerugian yang ditimbulkan, dan keinginan untuk bisa membanggakan Indonesia utamanya di bidang olahraga dan lebih spesifik ke sepakbola, tanpa maksud menjudutkan klub2 terkait. Corect Me If I was Wrong.

Written by triunt

Nama lengkap saya Tri Untoro, passionate in E-Commerce @ IDpasar Network, pecinta wisata, travel writer teori, dan aktif sebagai admin travelbuck.net (Bahasa Indonesia), serta sedang dalam proses merintis berdagang secara daring di IDbuku.com, IDbatik.com, & IDhijab.com Keep in Touch : Facebook | Twitter | LinkedIn

66 Comments

cow

banyak yang kecewa dengan apa yang dilakukan bonek banyak yang mengecam aksi anarkis bonek tetapi banyak juga suporter yang berlaku seperti bonek

saya sendiri sebagai pendukung persebaya juga kecewa terhadap kelakuan para bonek tetapi yang perlu diingat tidak semua bonek yang melakukan tindakan anarkis

presyl

waduh.. bener2 karakter orang solo banget yang kayakny adem ayem ga mau cari ribut.
sayangnya yg dibahas di TV yang jelek2 mulu si ya, mestinya yg baik2 juga dibahas.

sepertinya bonek itu mesti diberikan pengarahan yg bener deh, yg ada masyarakat bukan mendukung malah jadi takut dengan kehadiran mereka.

triunt… maap baru mampir. hehe..
sip deh tukar link :D

kabol

maaf baru bisa berkunjung lagi rindu akan sepak bola di negara kita yang seportif dan yang aman tanpa huru hara ..

riuusa

wah, aku nggak suka sepak bola…nggak sukanya karena orang-orang yang ngakunya suporter klub apa gituh tapi bikin ricuh…

chou_plizt

kita pernah berdampingan dengan bonek, mungkin hanya karena ulah segelintir oknum dan provokator
semua jadi sia-sia….. semoga besok kembali damai, menyongsong prestasi sepak bola negeri ini yang terus melorot karena apa?
mungkin semua sudah tahu jawabannya

ciwir

sayang pasopati dah nggak kayak dulu lagi (doh)
dan saya tetap dukung pasopati agar bisa kayak dulu lagi…
hidup pasopati … hidup aremania

oiya, wong solo kok pake kata GUE (doh)

indra1082

Dimulai dari kita untuk mencintai sepakbola Indonesia. mencintai bukan dengan cinta buta. tetapi akal sehat dan hati nurani.
Salam damai buat Pasoepati. dari Supporter Jakarta.. :grin:

tomi

kenapa ya mendukung tim malah merugikan tim kesayangannya :D
PErsebaya harus bermain tanpa dukungan suporternya

TU : Ya itulah mas.
senjata makan tuan.
payah ya :(

adrian

kapan2 kalau ada waktu nonton “bal-balan” di stadion manahan….kami siap menjadi tuan rumah yang baik

seponx

walaupun PERSIS SOLO kalah tapi merahnya PASOEPATI akan selalu menyala di mana saja
SAETAMA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>