Merawat batere laptop / notebook

Notebook kini bukan lagi menjadi barang yang dimiliki oleh kalangan menegah ke atas, karena dengan kisaran harga 4 jutaan bahkan beberapa produk dari Asus dengan EEE PC nya berkisar 3 jutaan, sehingga dengan demikian kaum pelajar/mahasiswapun sudah menemani tugas-tugas sekolah/kuliah mereka dengan notebook. Namun dari sekian banyak pemilik atau pengguna notebook tersebut, tidak semua mengerti bagaimana seharusnya memakai dan merawat notebook tersebut beserta baterainya.
Baterai memang komponen penting dalam notebook, karena sebagus-bagusnya notebook, jika tidak ditunjang dengan baterai yang punya daya tahan lama maka percuma saja, karena, keunggulan notebook adalah dapat digunakan di mana saja, kapan saja.
Namun, ini bukan berarti kita harus selalu mencari notebook yang baterainya mampu bertahan selama-lamanya tanpa diisi ulang. Selain belum ada teknologi baterai seperti itu, pemilihan daya tahan baterai notebook bisa disesuaikan dengan penggunaan.
Sebuah notebook pada umumnya paling tidak harus bisa bertahan selama 2 jam tanpa menggunakan AC Adapter untuk pemakaian normal, jika sudah tidak sampai 2 jam maka patut anda pikirkan untuk membeli notebook tersebut.
Berikut ini kami mencoba memberikan Tips bagaimana cara merawat baterai notebook agar dapat bertahan lama, terlebih saat anda lagi travelling bersama notebook anda untuk mengerjakan tugas-tugas rutin.
- Perlu jadi pertimbangan juga bahwa Matikan fasilitas seperti Wifi atau Bluetooth apabila tidak terpakai.
- Tidak mencharge terus-menerus apabila telah baterai telah full
- Jangan menggunakan notebook di tempat yang permukaannya lunak atau lembut, seperti di tempat tidur, sofa dan karpet.
- Cegah terjadinya kontak pada dudukan baterai yang longgar.
- Untuk pemakaian normal, baterai normal dapat panas, jadi hindari pemakaian dengan memangku notebook.
- Baterai notebook, termasuk notebook tentunya merupakan satu kesatuan agar supaya dihindari notebook tersebut tidak mendapat tekanan yang berlebihan, misalnya terjatuh, terhimpit beberapa barang ataupun tertumpuk barang-barang yang berat di atasnya.
- Notebook tersebut basah, atau terkena siraman kopi, the bahkan air minum yang rentan terhadap sirkuit dari notebook/baterai tersebut untuk berkarat yang mengakibatkan tidak berfungsi lagi secara normal.

Jika perlu, pilihlah notebook yang memungkinkan dipasangnya baterai tambahan. Biasanya baterai tambahan bisa dipasangkan pada media bay notebook jenis tertentu.

Written by Arsip

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>