Review : Windows 7 Beta Release

111Berkali-kali saya mengeluh tentang XP saya yang sering error, masa explorernya bisa error sampe 4 kali dalam sekali nyala (dari dinyalain sampe dimatiin), trus lagi winlogonnya yang telat baca, alhasil memory ngedump bikin komputer jadinya restart, crash juga terjadi jika folder keramat (aneh banget pokoknya) setiap kali dibuka pasti exporer juga langsung error, padahal repair ringan sampe berat juga rajin dilakuin loh, dari yang under windows sampe yang under dos (boot repair), kepengin reinstall XP lagi masih takut ngacauin BlankOn yang dah nongol dari partisi sebelah, beberapa kali dipamerin windows 7 beta, sebenernya kepengen sih, tapi kalo makenya cuman sampe Agustus yah mesti reinstall windows XP lagi, ada pilihan pake vista Ultimate wah takut memory kedodoran (maklum memory cuman 1G doang), palagi kalo aero glassnya diaktifin, wah lelet abezz…, pake Vista Basic wah tawaran bagus juga tapi kayaknya programnya lebih pinter XP (baru prediksi).
Dan kemaren waktu tanpa direncana mampir ke tempat temen, temen sekamarnya nawarin install windows 7, dia juga punya crack-nya, Ok, setelah membaca reviewnya di majalan PC Media saya langsung install tuh windows, instalasinya mudah seperti install Vista, setelah kurang lebih setengah jam menginstall windows indah dengan performa enteng ini sukses menyala di laptop Compaq ini, memakan space harddisk 8 GB, dan ternyata sangat kompatibel dengan komputer saya, terbukti saya sama sekali tidak menginstall satupun driver bawaan pabrik (HP Compaq) jadi di device manager nggak ada tanda seru kuning sama sekali, dia memberi crack itu secara gratis kepadaku, tetapi hanya ditaruh di flashdisknya dan saya tidak boleh mencopy, dan akhirnya windows 7 ini mungkin akan tetap hidup selamanya (sampai lebih dari Agustus 2009).

WMP 12, hanya tampilan yang berubah, performnya gak beda jauh sama versi sebelumnya.

22

Dari segi performa, OS ini sangat amazing, dilihat dari grafik memory dan prossesor performa komputer menjalankan windows 7 (masih baru diinstall) sedikit lebih enteng dari saat saya pake XP (sebagai catatan XP SP 2, tema Vista Transformation Pack, dan banyak driver yang terinstall). saya juga sempat mengetest menggunakan everest dan dr. Hardware, hasilnya sama, terasa enteng memakai 7, dan ini memang bukan patokan (ya jelas kondisi banyaknya program yang diinstall jelas beda), dan grafiknya jangan ditanya, saat memakai XP (VTP aero glass diatifin) memori langsung mencapai 60% terpakai, sedangkan di 7 Aero glass aktif (ini sudah default loh) memori hanya kepake 45%, saya sih nggak yakin selamanya windows 7 ini akan selalu enteng, tetapi mungkin dengan meminimalisir program yang terinstall dan mengurangi eksekusi startup agar kecepatan windows ini akan terjaga, dan sampai sekarang baru ada Photoshop, Reader, XAMPP, Opera, Winrar, Office 2007, Corel dan Adobe Flash, wah dikit ya….
33

Secara tampilan gak terlalu beda jauh dengan vista, ada sedikit penambahan dan pengurangan, seperti hilangnya sidebar sehingga gatget yang bisa berterbangan dimana-mana, fitur library, foto folder thumbnail (sama dengan Vista).
55

Dibekali IE 8, performnya cukup responsif loh, dah gak pernah lagi cerita IE susah di close saat loading webpage kayak IE 7, interfacenya masih sama dengan IE 7.
66

Windows Mobility Center (belum tahu di Vista ada gak ya (lol) maklum cuman pake sebentar)
77

Dengan Win-P akan muncul interface pengaturan Projector (screening 2)

88

Wordpad interface ada perbaikan, tampilannya mulai menyamai Ms Word 07, tapi tetep ada fiturnya terbatas, beberapa review yang saya baca mereka menganggap wordpad ini tetep bodoh, padahal memang yang dibutuhkan di wordpad adalah tempat mengetik cepat, kalo pengen yang lengkap pake aja ms.word ’07, saya sendiri lebih suka mengetik menggunakan Wordpad karena sangat responsif dan saat di paste-kan di blog juga tidak harus menghapus script text formatting bawaan Ms. Word, Program OSK (On Sreen Keyboard) juga tambah keren lho.
99

Kalkulator yang biasanya hanya ada modus basic dan sceintific, tambah 2 lagi yakni programmer dan statistic.
10

Dan yang paling menarik menurut saya, bisa bikin catatan di dekstop, bisa dibikin muncul saat komputer dinyalain kayak widget2 lainnya (di vista ada nggak?), yang pasti ini sangat bermanfaat banget…dan menarik…
1111

anda ingin merepost tulisan ini? bikin link dulu di bagian teks depan artikel repost anda ke blog ini.

Written by Arsip

11 Comments

pai

menarik yu, jadi pengen make Os seven. Ntar abis beli RAM.. hehe.. untuk catatan di desktop di vista udah ada kok..

tiyoe

@ Fatary : biasa aja mas macak cih makaciih….

@Pai : Menarik? vekelan mas, engko nek katut, untung kemaren aku pas beli leptop langsung Upgrade RAM, wah ra rugi aku….

ael

beta release brapa, mas tri?

udah pernah instal dulu, tapi ya kendalanya ada beberapa program yg gak compatible, hehe

dibanding vista, ya lumayan ini lah (subjektif ini)

sip, nice in[p]o

Aa' sid

Sak apik2e windows tetep kalah sama linux,

tampilan windows paling keren, adalah tampilan linux pada jaman jadul..

zam

aku ndak pake windows. :D

*mpot-mpotan update ke Ubuntu 9.04 Jaunty Jackalope pake koneksi gembus*

abied

Wah pengin juga, asal ada cracknya. jadi dak matian tiap 2 jam.

texno

misi numpang tanya…aku pernh pke os 7…dah aku instal…mang oke bgt..tapi untuk software2nya pada g suport…sostware k-lite codek j g suport…
yang suport coma software dari microsoft j…apa ada software yang bisa jadi segala software masa kini jadi suport…mohon bantuanya yaaaa,,soal ku gaptek c.les ke imel aku ja y..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>