Saya Hanya Ingin Mengingat Rasanya Jadi Blogger

Saya Blogger? Mungkin.. sebenarnya saya merasakan sensasi menjadi blogger justru bukan ketika menulis, ketika saya bicara blog mungkin saya memang teringat tulisan atau laman web dengan kronologi terbalik yang pembaca bisa berkomentar, tapi tidak demikian dengan blogger, dalam blogger yang saya ingat adalah kopdar!

Saya selalu ingat kopdar pertama saya dengan blogger bengawan di depan Squislife yang waktu itu ada di utara Jl Slamet Riyadi Solo, jalan-jalan bersama blogger Bengawan di sepanjang Slamet Riyadi, atau naik Andong keliling kampong batik Laweyan bersama.

Saya juga ingat beberapa kopdar di luar kota yang pernah saya temui, visi saya hanya ingin ngobrol, tertawa dan menikmati kebersamaan, konon sudah hampir lebih dari 5 tahun tidak ada kopdar blogger dan saya kangen, hingga akhirnya saya ikut dalam kopdar terbaru blogger yang bertajuk “Sepi Ing Pamrih Rame Ing Blogging”.

Tajuk itu tidak mudah untuk saya serap, saya menulis di blog saya ini ya karena saya punya uneg-uneg, juga sebagai dokumentasi pemikiran saya siapa tahu besok ada manfaatnya, manfaat itu boleh jadi untuk orang lain, dan boleh jadi pula untuk saya sendiri, ah sayangnya saya merasa manfaat untuk saya sendiri itu masih bagian dari pamrih, tapi apapun itu menulis dengan tulus adalah sangat menyenangkan, bisa salah bisa benar tapi tulus membuat saya merasa tanpa beban, saya merasa bagian ini yang saya sebut semangat ‘Sepi ing Pamrih, Rame ing Blogging’.

Nasionalisme tapi tidak Chauvinisme

Sekiranya itu satu-satunya catatat serius yang saya catat tebal dari acara kemarin, kebetulan sikap itu disampaikan oleh Pak Mentri Kominfo yang awalnya saya kira pak Bhe menyebut pak Mantri! Ternyata Mentri beneran, kita mencintai produk dalam negeri tapi tidak cinta buta dengan memblokir produk luar negeri sembarangan, kita cinta tapi tidak fanatik, kita mendukung tapi mendengar.  3 jam-an pak mentri bicara salah satunya tentang roadmap e-commerce yang beliau terlibat banyak di dalamnya dan membuat saya yang kebetulan merintis usaha di bidang tersebut merasa beruntung beliau memimpin di saat yang tepat, setidaknya jikapun beliau tidak paham teknisnya pak Rudiantara saya yakini paham prinsipnya, dan saya berprasangka baik fungsi beliau sebagai pembuat kebijakan akan lebih adil.

Jika Pemerintah Kampanye Imunisasi Polio, Kami Khawatir Kami tidak Ada Regenerasi!

Esok harinya mas Jaka Balloeng yang menyadang disabilitas karena polio menyampaikan satir yang mengocok perut, sebenarnya sedih mendengarnya, tapi mas Jaka Balloeng bukanlah sosok lemah, dia menertawakan kedisabilitasannya dengan kisah sulit yang dibuat asik, saya nggak mau basa-basi karena sebenarnya kami sering saling berolok pada hal-hal yang diluar difabilitas, meski dia tak tersinggung tapi saya tak mungkin menertawakan keterbatasannya.

Begitulah rasanya jadi blogger, bisa kopdar, ngobrol sekenanya, tertawa sekenanya, tampil seadanya, Dah itu saja dulu catatannya, Terimakasih untuk teman-teman RBI yang memasukkan saya sebagai peserta, XL (Ada logo XL di kaos kita), Pak Hasan (Yang Vilanya dipakai nginep), Mbak Larni yang masakin makanan enak selama kami di sana, pak Lurah Kemuning dan Segorogunung, dan Bale Branti resto kemuning, saya merasa beruntung bisa bertemu semua peserta dan tamu yang luar biasa.

Keseruan yang selalu senggang

Keseruan yang selalu senggang

tausyiah dari mas Jaka Balloeng

tausyiah dari mas Jaka Balloeng

Pak menteri, tiga jam lebih beliau berdiri

Pak menteri, tiga jam lebih beliau berdiri

Pemandangan dari vila yang wow

Pemandangan dari vila yang wow

Written by triunt

Nama lengkap saya Tri Untoro, passionate in E-Commerce @ IDpasar Network, pecinta wisata, travel writer teori, dan aktif sebagai admin travelbuck.net (Bahasa Indonesia), serta sedang dalam proses merintis berdagang secara daring di IDbuku.com, IDbatik.com, & IDhijab.com Keep in Touch : Facebook | Twitter | LinkedIn

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>