Visit Sulawesi Selatan 2012, Ini Strategiku

Sulawesi Selatan, sayang sekali saya belum pernah sekalipun menginjak tanah provinsi yang satu ini, ya rencana itu ada di akhir tahun ini, tentunya untuk memperluas jejaring Travelbuck.net ke ranah luar Jawa, namun biarlah gagasan saya dulu yang berbicara, gagasan dari seorang yang memiliki passion tinggi di bidang travelling, seorang yang punya harapan tinggi bahwa suatu hari potensi wisata Indonesia akan menarik jutaan mata orang mancanegara, mengalahkan China, Thailand dan Malaysia, tentunya jutaan kunjungan itu wajib di breakdown terlebih dahulu untuk memperkirakan target, untuk Bali, DKI, DIY, dan tentunya Sulawesi Selatan.

Disini saya sebenarnya punya banyak ide strategis untuk memajukan wisata Sulawesi Selatan, yuk disimak apa aja ide itu.

Mulai dengan Survey Publik

“marketing tidak mungkin gambling dalam merumuskan target, mereka akan melihat dulu seperti apa pasar mereka”

Saya bekerja sebagai marketing, jujur sebagai marketing saya kurang suka saat ditanya “Berapa Hasil Penjualan Kamu?” saya sejujurnya ingin ditanya “Bagaimana statistik kamu?”. Bagi saya hasil tak harus selalu dinilai dengan hasil penjualan, pada dasarnya naluri marketing adalah berlaku kreatif agar produk jualannya laku dalam jangka pendek serta jangka panjang, sayang terkadang beberapa orang hanya menanyakan hasil jangka pendek tersebut.

Emang penting itu statistik? Penting sekali, marketing itu akan melakukan banyak cara untuk memperkenalkan, memberikan edukasi atas produk, kemudian perlahan mengarahkan ke penjualan. Disini marketing tidak mungkin gambling dalam merumuskan target, mereka akan melihat dulu seperti apa pasar mereka, dimana lokasinya, berapa saja umurnya, apa jenis kelaminnya, bagaimana pendidikannya, apa minatnya, dan lain sebagainya, itu data yang sangat mendasar dan marketing harus tahu.

Selanjutnya ada data sekunder yang cukup dibutuhkan, karena bahasan kita adalah tentang wisata, sangat mungkin kita perlu informasi semacam ini.

  1. Apa maskapai favorit anda?
  2. Seberapa tahu anda dengan Sulawesi Selatan?
  3. Seberapa  anda kenal? (Kep. Spermonde, Tanjung Bunga, Fort Rotterdam, Pelabuhan Paotere, Pulau Kapoposang, Bantimurung, Pare-pare, Gowa, Air Terjun Bissapu, Malino, Tanjung Bira, Bulukumba, dan lain-lain) bagian ini bisa dibuat skala 1 hingga 5,
  4. Daerah Favorit anda/ (Makassar, Toraja, Tanjung Bira),
  5. Apa kuliner yang membuat anda penasaran? (Ikang Bakar, Konro Bakar, Es Palubutung, Coto Makassar, Pisang Epe, Kue Dange, Lumpia Makassar)
  6. Apa selera wisata anda? (Kuliner, Budaya, Fashion, Sejarah, Bulan Madu, Alam, Bisnis, dsb)
  7. Apa Oleh-oleh Favorit anda? (Sutra Sengkang, Songko, Tenun Ikat, Markisa)
  8. Anda Wisatawan tipe apa? (Eksekutif,  Budget, Backpacker)
  9. Apa yang yang tidak anda sukai dari Sulawesi Selatan? (tulis)

Nah untuk mendapatkan data-data di atas kita bisa survey secara online maupun offline dan mengambil data dari Badan Pusat Statistik, ini penting untuk memetakan bagian mana yang harus dijadikan prioritas, bagian mana yang perlu infrastruktur lebih, dan bagian mana yang harus diberi anggaran lebih. Jika peminat wisata sejarah lebih banyak proyeksikan infrastruktur ke tempat-tempat wisata sejarah, jadikan proritas agar wisatawan tidak kecewa, lalu perlahan rintis wisata lain dengan prioritas diurutkan berdasarkan hasil survey. Juga mendata hal-hal yang tidak disukai untuk dijadikan media perbaikan kedepannya. (bersambung ke halaman selanjutnya…)

Written by triunt

Nama lengkap saya Tri Untoro, passionate in E-Commerce @ IDpasar Network, pecinta wisata, travel writer teori, dan aktif sebagai admin travelbuck.net (Bahasa Indonesia), serta sedang dalam proses merintis berdagang secara daring di IDbuku.com, IDbatik.com, & IDhijab.com Keep in Touch : Facebook | Twitter | LinkedIn

21 Comments

Hanif

belajar marketing banyak dari sini. manteb pak. :D emang gak melulu soal penjualan akhir sih, ada kesan yg positif di konsumen juga berkat marketing.

niee

waduh postingannya sampe 4 halaman gitu yak? >.<

kalau aku belum pernah ke sulawesi,, walaupun itu tanah nenek moyang aku.. Soalnya jauh dan MAHAL.. murahan kalau aku mau ke singapur, KL bahkan Thailand sekalipun..

surya

promosi wisata nusantara harus digalakkan, biar bumi Indonesia semakin dikenal dunia…

oby

siapa blg mahal? kata siapa lebih murah ke SGP, KL n thailand?? Klo dr batam, iya kali. gw prnah dpt tiket pp jkt-mksr-jkt pakai garuda cuma 1jt. makanan murah2 disana apalagi klo konro bakar dan cotonya ama bakso gorengnya, mantappppsss..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>